Mengapa Densus 88 sering bertindak over acting suka dar-der-dor ala koboi bahkan Rambo? Jawabannya mungkin karena guru mereka mengajarkan demikian. Guru mereka, yang diantaranya adalah ex-US special forces personnel FBI, CIA bahkan US Secret Service, ditengarai sering melakukan aksi kelewat batas, bahkan menurut ukuran militer sekalipun.

Bahkan baru-baru ini terjadi penangkapan drug dealer oleh SWAT di Columbia, Missouri, AS yang kelewat batas. Mereka malam-malam masuk paksa dengan membobol pintu rumah, menembak seekor anjing Pitbull milik keluarga tersebut, di depan anak dan istri si boronan yang sejak awal sudah menyerah tak berdaya. And guess what? Aksi koboi memuakkan itu terekam dalam video, dan sempat membuat geram jagad internet. Silahkan tengok sejenak (jangan lupa tengok juga comment-comment-nya):

Seorang US Army Officer yang bertugas di Afghanistan, Radley Balko menilai tindakan vandal di atas sebagai "More Militarized Than Military". Ia menjelaskan dalam keadaan perang saja tentara tidak bisa main dar-der-dor di dalam rumah, yang ada warga sipilnya, apalagi mereka adalah wanita dan anak-anak.

Beueh, saya tidak hanya miris karena saya termasuk dog lover (apalagi kemarin baru nonton Hachiko). Tapi mereka bisa saja membunuh orang yang baru diduga teroris, dan bagaimana kita bisa memberi kesempatan orang tersebut untuk membela diri jika timah panas sudah merenggut nyawanya?

 

Posted via email from pedy post terus