PSQ (political spiritual quotient) sebenarnya adalah sebuah istilah yang menggambarkan kapasitas seseorang yang bisa memahami bagaimana sebenarnya dunia ini bekerja, atas dasar paradigma dan ideologi apa kehidupan ini ditata dan dikelola, termasuk apakah semuanya tadi bisa mensejahterakan umat manusia atau tidak. Orang-orang yang PSQ-nya rendah hanya akan bisa melihat penampakan luar dari berbagai fenomena kehidupan ini. Sedangkan mereka yang PSQ-nya tinggi seolah seperti mengenakan kaca mata sinar-X, yang bisa menerawang jauh melebihi penampakan luar dari fenomena kehidupan. Dibalik itu mereka bisa melihat bagaimana mesin-mesin sosial bekerja, saling berkait kelindan satu dengan yang lain, saling terhubung dan terajut membentuk tatanan kehidupan yang kompleks. Ketika banyak orang hanya bisa menyerah dan pasrah dicengkram tata sosial politik yang zhalim, orang-orang dengan PSQ yang tinggilah yang akan menyelamatkan dan membebaskan mereka.

Mengapa disebut kecerdasan (quotient)? Para psikolog mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk menyadari dan mengendalikan sesuatu. Anda dikatakan memiliki IQ atau kecerdasan intelegensi tinggi jika Anda memiliki kesadaran bagaimana fikiran Anda bekerja, kemudian Anda memanfaatkan dan mengendalikannya untuk memecahkan suatu persoaalan. Anda dikatakan memiliki EQ atau kecerdasan emosional tinggi ketika Anda memiliki kesadaran terhadap perasaan Anda, dan juga perasaan orang-orang disekitar Anda, kemudian Anda memanfaatkan dan mengendalikannya untuk tujuan-tujuan tertentu. Anda dikatakan memiliki SQ atau kecerdasan spiritual yang tinggi jika Anda sadar apa makna dan tujuan hidup Anda, dan mengendalikan perjalanan hidup Anda agar sejalan dengan makna dan tujuan yang telah Anda pilih sebelumnya. Anda dikatakan memiliki PQ atau kecerdasan politik tinggi ketika Anda memiliki kesadaran terhadap apa yang sedang terjadi dalam kehidupan ini, bagaimana kehidupan ini bekerja, serta bagaimana Anda mengendalikan dan merubahnya, ketika tata sosial politik yang ada terbukti zhalim dan mensengsarakan umat manusia.

Orang-orang yang memiliki IQ tinggi sering ditemukan pada dunia akademik, riset, sains dan teknologi. Yang lazimnya bekerja sendirian di lab dan hanya berkawan dengan mesin atau komputer. Tidak sedikit dari mereka yang cenderung asosial dan tidak mudah bergaul. Berbeda dengan IQ,Β orang-orang yang memiliki EQ tinggi banyak ditemukan pada dunia bisnis dan organisasi. Mereka punya daya empati, kemampuan memotivasi dan interpersonal yang tinggi, dan karenanya mereka sering jadi pemimpin. Lalu mengapa harus ada SQ? Karena faktanya banyak orang yang IQ dan SQ-nya tinggi tetapi sengsara hidupnya, atau bahkan mensengsarakan orang lain. Karena tidak memiliki kesadaran untuk menangkap dan memberi makna dan tujuan hidup mereka. Inilah SQ. Para pencuri dan penjahat kerah putih jelas memiliki IQ terutama EQ yang tinggi, tapi SQ yang rendah.

Inilah kenyataannya; di dunia ini banyak orang dengan IQ, EQ, bahkan SQ tinggi, tapi dunia nampaknya tidak menjadi lebih baik. Saat ini training-training spiritual telah menjadi tren dan mewabah di mana-mana, tapi kezhaliman politik, ekonomi dan sosial juga masih terjadi di mana-mana. Mengapa? Mereka tidak menyertakan PQ dalam list kecerdasan yang harus mereka asah dan kembangkan.

Padahal PQ adalah sebuah kesadaran dan kemampuan untuk mengubah dan mengendalikan zaman. Mereka-mereka yang memiliki IQ, EQ bahkan SQ tinggi belum tentu memiliki kemampuan tadi. Anda mungkin selama ini tidak sadar, bahwa dibalik setiap revolusi atau perubahan besar dalam sejarah, ada orang-orang dengan PQ tinggi yang bekerja dibalik panggung.

Namun kalau hanya PQ saja yang tinggi, itu juga menjadi masalah. Karena PQ akan berjalan tanpa pijakan spiritual yang kokoh. Tanpa tujuan ibadah dan menyembah Allah Sang Pencipta. Akhirnya yang muncul adalah kecerdasan politk yang sekular dan liberal, yang menghalalkan segala cara untuk mereguk kenikmatan materi. Kalau PQ berdiri sendiri, ia akan dapat menolong atau mensengsarakan umat manusia, tergantung tujuan yang mengendalikannya. Seharusnya PQ diberi makna dan tujuan ilahiyah oleh SQ, sehingga tata kehidupan ini berjalan sesuai dengan apa-apa yang dicintai Allah dan Rasul-nya. Inilah yang dimaksud dengan PSQ.

Inilah beberapa tulisan saya tentang PSQ sebagai “pemanasan” saja.

PSQ Principles:

PSQ in Action: